Roof Box

Orang yang gemar bepergian jauh bersama anggota keluarga biasanya akan memilih mobil berkapasitas besar. Namun ada kalanya pula kapasitas mobil masih terasa belum mencukupi untuk memuat barang bawaan. Jika hal ini terjadi, memasang roof box pada atap mobil adalah salah satu solusinya.

Roof box bisa diartikan sebagai bagasi portable yang dipasang pada bagian atas kabin mobil. Jika kita berencana memasang roof box pada mobil kesayangan, berarti kita harus memperhatikan beberapa hal penting ini:

Jenis Mobil yang Bisa Dipasangi Roof Box

Jenis mobil yang bisa dipasangi roof box adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Karena kedua tipe mobil tersebut memiliki desain atap yang relatif kokoh dan aman bila dipasangi roof box. Mobil MPV dan SUV biasanya sering digunakan untuk bepergian jarak jauh atau touring ke tempat-tempat menantang.

Harus Memasang Roof Rail Terlebih Dahulu

Pemasangan roof box di atas kabin mobil mesti diahului dengan roof rail. Karena roof rail berfungsi untuk menyebarkan beban roof box secara merata. Pilihlah roof rail dengan rangka yang kuat tetapi ringan. Supaya pemasangan roof box jadi relatif aman bagi mobil.

Jangan Lupa Memasang Reinforce Juga

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan setelah memasang roof rail adalah pemasangan reinforce atau penguat. Reinforce biasanya berupa lempengan plat khusus yang didesain untuk menahan beban berat. Penggunaan roof rail dan reinforce akan semakin memantapkan posisi roof box yang akan kita pasang nanti.

Kenali Kapasitas Roof Box yang Akan Dipasang

Setiap roof box pasti memiliki kapasitas bobot yang berbeda. Kita harus mengetahuinya supaya kita tidak mengangkut barang-barang secara berlebihan pada roof box. Mengangkut barang yang terlalu berat membuat atap kabin mobil berisiko bengkok bahkan rusak.

Selain memilih roof box berkualitas untuk mengangkut barang bawaan, kita juga wajib memilih asuransi mobil dengan cermat. Kini ada banyak pilihan asuransi mobil all risk yang akan melindungi mobil kesayangan kita secara maksimal. Beragam risiko kerusakan akibat bencana alam atau pencurian tak akan membuat kita resah. Tinggal memilih perlindungan terbaik dari asuransi yang sesuai kebutuhan dan budget.

Related Posts

Panduan Merawat Mobil Sedan Kesayangan Agar Performanya Prima

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *